“Bigger is Better”, ASUS Vivobook Pro 16X OLED (N7600) Buktikan Kemampuan Laptop Layar Besar itu Lebih Cepat

Setelah ultrabook diperkenalkan pertama kali pada tahun 2011, tren penggunaan laptop semakin bergeser pada mobilitas. Laptop dengan bodi tipis, ringkas, ringan, dan mudah untuk dibawa bepergian pun semakin diminati. Pergeseran tren tersebut pun membuat popularitas laptop dengan layar besar semakin menurun karena dianggap memiliki mobilitas yang “tidak sesuai dengan zamannya”. Namun ledakan content creator belakangan ini telah mengubah itu semua.

Berbeda dengan pengguna biasa, content creator membutuhkan laptop dengan fitur dan spesifikasi khusus untuk menunjang kebutuhan mereka dalam berkarya. Meski mengusung bodi yang tipis, ringkas, dan ringan, banyak ultrabook yang tidak dirancang untuk dapat memenuhi kebutuhan para content creator.

Dari sisi spesifikasi misalnya, ultrabook lebih mengedepankan daya tahan baterai ketimbang performa sehingga kurang mumpuni untuk para content creator yang sehari-hari menjalankan aplikasi kreatif yang menuntut performa tinggi di sebuah laptop.

Selain itu, sebagian besar ultrabook masih mengusung layar berukuran 13 dan 14-inci. Sementara itu, para content creator lebih membutuhkan layar besar beresolusi tinggi karena berpengaruh langsung dengan produktivitasnya. Melalui layar berukuran besar dan beresolusi tinggi, content creator memiliki ruang kerja yang lebih luas sehingga akan lebih leluasa dalam berkarya.

Permasalahannya adalah, bagaimana caranya menghadirkan laptop berperforma tinggi, dibekali layar berukuran besar dan beresolusi tinggi, namun masih mencerminkan desain sebuah laptop modern yang memiliki mobilitas tinggi? Pertanyaan tersebut yang mungkin hanya bisa dijawab oleh ASUS Vivobook Pro 16X OLED (N7600), laptop futuristik yang dirancang khusus untuk para content creator. Ia hadir dengan prosesor Intel® Core™ H-Series generasi ke-11 hingga Intel® Core™ i7 processor with Intel® Iris® Xᵉ graphics.

Tetap Mengedepankan Mobilitas

Dibandingkan dengan laptop berlayar 14-inci, layar 16-inci yang diusung oleh Vivobook Pro 16X OLED (N7600) memang terdengar besar. Bahkan mungkin beberapa dari Anda membayangkan Vivobook Pro 16X OLED (N7600) tidak mudah untuk dibawa bepergian. Namun ternyata kenyataannya tidak demikian.

Meski mengusung layar 16-inci, Vivobook Pro 16X OLED (N7600) memiliki dimensi bodi yang tidak jauh berbeda dengan laptop 15-inci. Bagaimana bisa? Salah satu rahasianya ternyata terletak pada bezel layarnya yang sangat tipis. Berkat teknologi NanoEdge Display, laptop ini mampu tampil dengan screen-to-body ratio hingga 86% sehingga otomatis dimensi bodi dapat dikurangi secara drastis.

Vivobook Pro 16X OLED (N7600) juga termasuk laptop yang mudah untuk dibawa bepergian. Dengan ketebalan hanya 1,89cm dan bobot tidak sampai 2kg, Vivobook Pro 16X OLED (N7600) bisa dikatakan sebagai solusi bagi content creator untuk dapat berkarya secara mobile tanpa mengkompromikan kenyamanan penggunaan.

Selain itu, Vivobook Pro 16X OLED (N7600) juga mengusung desain yang modern dengan bodi berbahan metal serta keyboard dengan tampilan yang unik. Keyboard Vivobook Pro 16X OLED (N7600) memiliki aksen warna ganda sehingga terlihat lebih futuristik. Di bagian pojok kanan keyboard-nya juga tersemat tombol power yang juga berperan sebagai pembaca sidik jari (fingerprint sensor). Pembaca sidik jari tersebut sudah terintegrasi dengan Windows Hello sehingga membuat Vivobook Pro 16X OLED (N7600) lebih aman.

Namun fitur yang paling menarik dari Vivobook Pro 16X OLED (N7600) tidak lain adalah ASUS DialPad. Fitur eksklusif yang merupakan dial virtual tersebut memulai debut salah satunya di Vivobook Pro 16X OLED (N7600).

Dalam proses pembuatan konten digital, dial merupakan salah satu perangkat opsional yang telah lama dan banyak digunakan untuk membantu para kreator agar lebih produktif. Dial sendiri memiliki beberapa keunggulan selain mudah digunakan, salah satunya adalah tingkat akurasinya yang jauh lebih baik dari mouse.

ASUS DialPad sudah tertanam di bagian touchpad Vivobook Pro 16X OLED (N7600). Untuk mengaktifkannya, cukup geser ikon yang terdapat di pojok kanan atas touchpad laptop ini. ASUS DialPad bekerja layaknya sebuah dial, bahkan dapat diatur untuk berfungsi layaknya Microsoft Surface Dial.

Menariknya, ASUS DialPad tealh dilengkapi dengan software khusus yang memungkinkan pengguna Vivobook Pro 16X OLED (N7600) untuk mengatur fungsinya sesuai dengan kebutuhan. Saat ini terdapat empat aplikasi kreatif populer yang telah mendukung penggunaan ASUS DialPad, yaitu Adobe Lightroom Classic CC, Photoshop CC, Premiere CC, dan After Effects CC. Dukungan terhadap software lainnya dijanjikan akan hadir kemudian.

 

Layar Besar Itu Lebih Baik

Berkat layar 16-inci yang diusungnya, Vivobook Pro 16X OLED (N7600) menawarkan ruang kerja yang lebih luas untuk para content creator. Tidak hanya sekadar berukuran besar, Vivobook Pro 16X OLED (N7600) juga menggunakan panel layar beresolusi tinggi. Dengan resolusi 4K (3840×2400), content creator dapat lebih leluasa berkarya bahkan “bermain” dengan konten beresolusi tinggi. Apalagi, Vivobook Pro 16X OLED (N7600) sudah mengususng rasio layar 16:10 yang sangat cocok untuk para content creator karena menyajikan ruang kerja yang lebih lega ketimbang layar 16:9 yang masih banyak digunakan di berbagai laptop.

Vivobook Pro 16X OLED (N7600) juga merupakan salah satu laptop kreator dari ASUS yang mengusung layar berteknologi ASUS OLED. Berbeda dengan teknologi layar lainnya, ASUS OLED menyediakan solusi lengkap bukan hanya sekadar memberikan kualitas visual terbaik. ASUS OLED juga dilengkapi teknologi yang dapat melindungi kesehatan mata, serta telah mengantongi berbagai sertifikasi yang membuat laptop dengan layar ASUS OLED memiliki kualitas layar kelas profesional.

Dimulai dari panel yang digunakan, layar ASUS OLED tentu saja menggunakan panel OLED (Organic Light-Emitting Diode). Karena menggunakan panel OLED, layar ASUS OLED memiliki struktur yang sangat berbeda dengan layar laptop pada umumnya yang masih menggunakan panel IPS. Layar ASUS OLED terdiri dari jutaan lampu berukuran sangat kecil sehingga tidak menggunakan lapisan backlight. Struktur tersebut memiliki kelebihan yaitu reproduksi warna yang sangat akurat khususnya untuk warna hitam karena absennya backlight membuat layar ASUS OLED bisa menampilkan warna hitam yang sempurna.

 

Warna yang Kaya dan Akurat Hanya di ASUS OLED

Laptop yang menggunakan layar ASUS OLED mampu menampilkan kualitas visual terbaik, bagaimana bisa? Kunci untuk menampilkan kualitas visual terbaik salah satunya ada pada tingkat reproduksi warna yang bisa ditentukan oleh color gamut. Layar ASUS OLED memiliki color gamut 100% DCI-P3. Artinya, layar ASUS OLED mampu menampilkan semua warna pada ruang warna DCI-P3, dimana cakupan warnanya lebih luas dari sRGB yang hingga saat ini masih dijadikan standar layar laptop. DCI-P3 juga merupakan color gamut yang digunakan oleh industri perfilman karena memiliki cakupan warna yang sangat luas sehingga membuat detail dalam film dapat ditampilkan dengan sangat baik.

Memiliki kemampuan untuk menampilkan warna yang sangat banyak bukan berarti apa-apa jika warna yang ditampilkan tidak akurat. Di sinilah salah satu keunggulan utama ASUS OLED, yaitu layar ASUS OLED telah dikalibrasi sejak awal sehingga memastikan setiap warna dapat ditampilkan sebagaimana mestinya. Tidak tanggung-tanggung, layar ASUS OLED bahkan telah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display sehingga dapat langsung digunakan bahkan oleh para profesional kreatif yang kegiatan sehari-harinya sangat bergantung pada layar yang memiliki tingkat akurasi warna yang tinggi.

Keunggulan lain yang ditawarkan oleh ASUS OLED adalah konsiten dalam menghadirkan kualitas visual. Layar ASUS OLED dapat mempertahankan kualitas visualnya, termasuk tingkat akurasi dan reproduksi warna, meski layar disetel pada tingkat kecerahan yang rendah. Tidak tanggung-tanggung, pada tingkat kecerahan hanya 11% pun layar ASUS OLED dapat menampilkan kualitas visual yang sama seperti pada tingkat kecerahan 100%. Konistensi dalam menghadirkan kualitas visual ini sangat penting, apalagi bagi para insan kreatif dan content creator.

 

Editing Video Jadi Lebih Nyaman

ASUS OLED juga merupakan layar terbaik untuk para video editor. Selain memiliki spektrum warna yang luas dan akurat, layar ASUS OLED juga telah mendukung format HDR atau High Dynamic Range. Bersertifikasi Vesa DisplayHDR, layar ASUS OLED memiliki tingkat kontras warna yang sangat tinggi yaitu dengan rasio hingga 1.000.000:1. ASUS OLED juga memiliki tingkat kecerahan tinggi yaitu hingga 500nits, sehingga dapat tetap nyaman digunakan di luar ruangan.

Kelebihan lain yang ditawarkan oleh ASUS OLED adalah kemampuan untuk menampilkan gambar bergerak secara lebih detail. Berkat response time yang sangat kencang, yaitu hanya 0,2ms, gambar bergerak seperti animasi, video, atau film dapat ditampilkan secara lebih detail dan tajam. Response time yang sangat kencang sangat berguna saat melakukan editing video, yaitu ASUS OLED dapat menampilkan detail video yang lebih baik dan minim efek motion blur.

Lebih Produktif Tanpa Merusak Mata

Salah satu efek negatif terbesar ketika menggunakan perangkat elektronik seperti laptop adalah paparan radiasi cahaya biru yang dapat mengganggu kesehatan mata. Untuk mengurangi dampak negatif tersebut, ASUS OLED dilengkapi dengan teknologi yang mampu mengurangi pancarane radiasi cahaya biru secara signifikan tanpa mengurangi kualitas visual.

ASUS OLED juga telah dilengkapi dengan teknologi anti-flicker yang dapat membuat mata tidak mudah lelah, serta telah mengantongi sertifikasi dari TÜV Rheinland untuk teknologi anti-flicker dan low blue light. Sertifikasi tersebut menegaskan bahwa kemampuan ASUS OLED untuk menjaga kesehatan mata bukanlah gimmick belaka.

 

Sangat Mumpuni untuk Content Creation

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, content creator juga membutuhkan laptop bertenaga. Hal tersebut dikarenakan sebagian besar aplikasi kreatif membutuhkan sesifikasi PC yang tinggi, khususnya aplikasi pengolah video, animasi, dan 3D modelling. Semua aplikasi tersebut dapat berjalan jauh lebih baik ketika dijalankan di laptop dengan spesifikasi tinggi. Hal tersebutlah pula yang membuat beberapa content creator memilih untuk menggunakan laptop gaming meski spesifikasi layarnya kurang mendukung.

ASUS pun menjawab tantangan tersebut dengan menghadirkan spesifikasi yang sangat mumpuni di Vivobook Pro 16X OLED (N7600) sehingga para content creator dapat berkarya secara nyaman dan leluasa.

Mulai dari CPU, Vivobook Pro 16X OLED (N7600) menggunakan Intel Core i7-11370H. Meski masih menggunakan 11th Gen Intel Core, namun CPU tersebut masuk ke dalam kelas high performance yang juga digunakan di lini laptop gaming ASUS TUF Dash. Singkatnya, Vivobook Pro 16X OLED (N7600) memiliki performa CPU sekelas laptop gaming.

Tidak hanya itu, Vivobook Pro 16X OLED (N7600) juga mengusung chip grafis atau GPU NVIDIA GeForce RTX 3050. GPU seri generasi terbaru yang sudah mendukung berbagai fitur grafis modern seperti DLSS 2.0 dan RTX real-time ray-tracing tersebut sangat berguna untuk mengakselerasi pemrosesan grafis di banyak sekali skenario penggunaan, mulai dari pengolahan video hingga rendering animasi 3D.

Penyimpanan dan memori di Vivobook Pro 16X OLED (N7600) juga diperhatikan oleh ASUS. Sebagai sebuah laptop modern, Vivobook Pro 16X OLED (N7600) tentu sudah menggunakan media penyimpanan data berbasis PCIe 3.0 SSD serta memori DDR4 16GB. Keduanya sangat penting mengingat aplikasi kreatif membutuhkan kapasitas memori besar. Sementara itu, PCIe SSD membantu aplikasi kreatif dapat berjalan jauh lebih gesit karena proses baca dan tulis data dapat dilakukan jauh lebih kencang ketimbang menggunakan HDD.

Main Spec. Vivobook Pro 16X OLED (N7600)
CPU Intel® Core™ i7-11370H Processor 3.3 GHz (12M Cache, up to 4.8 GHz)
Operating System Windows 11 Home
Memory 16GB DDR4 3200MHz (dual channel)
Storage 512GB PCIe® Gen3 x4 SSD

1TB PCIe® Gen3 x4 SSD

Display 16”, 4K (3840 x 2400) 16:10, OLED, 100% DCI-P3, 90Hz, PANTONE Validated, VESA HDR True Black, TÜV Rheinland low-blue light, anti-flicker
Graphics NVIDIA GeForce RTX 3050 with Studio Driver

Intel Iris Xᵉ integrated GPU

Input/Output 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 2x USB 2.0 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C supports display and power delivery, 1x HDMI 1.4, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, Micro SD card reader
Camera HD Web Camera with privacy shutter
Connectivity Wi-Fi 6(802.11ax), Bluetooth 5.0 (Dual band) 2*2
Audio Built-in array microphone qith AI noise-cancelling, harman/kardon certified audio
Battery 96WHrs, 3S2P, 6-cell Li-ion
Dimension 36.05 x 25.90 x 1.89 ~ 1.89 cm
Weight 1.95 Kg
Colors Comet Grey, Cool Silver
Price Rp22.999.000
Warranty 2 tahun garansi global

Berikut adalah hasil benchmark Vivobook Pro 16X OLED (N7600):

Menggunakan hardware seperti laptop gaming tentu membuat Vivobook Pro 16X OLED (N7600) menghasilkan panas yang lebih tinggi ketimbang laptop standar pada umumnya. Solusinya tentu saja sama seperti laptop gaming, yaitu menggunakan sistem pendingin khusus. Vivobook Pro 16X OLED (N7600) menggunakan sistem pendingin ASUS IceCool terbaru yang dibekali dua kipas dan serangkaian heatpipe khusus untuk mendinginkan semua komponen di dalamnya.

Dari hasil stress test menggunakan 3DMark Fire Strike sebanyak 20 kali pengulangan, Vivobook Pro 16X OLED (N7600) dapat bertahan di suhu operasional yang sangat aman yaitu rata-rata pada suhu 63,5⁰C untuk GPU dan  71,51⁰ untuk CPU.

Konektivitas Lengkap dan Daya Tahan Baterai Panjang

Para content creator seringkali menggunakan perangkat tambahan seperti pen tablet, HDD/SSD eksternal, atau mouse dalam berkegiatan sehari hari. Untuk itulah Vivobook Pro 16X OLED (N7600) dibekali port yang lengkap mulai dari USB 3.2 Gen 2 Type-C yang mendukung display output dan power delivery hingga 100W, USB 3.2 Gen 1 Type-A, HDMI 1.4, serta 3.5mm combo audio jack. Vivobook Pro 16X OLED (N7600) bahkan memiliki SD card reader yang juga dapat dimanfaatkan oleh para content creator.

Sementara untuk memenuhi kebutuhan konektivitas nirkabel, Vivobook Pro 16X OLED (N7600) mengandalkan WiFi 6 (802.11ax) serta Bluetooth 5.0 agar laptop ini dapat terus terhubung dengan internet serta perangkat nirkabel seperti mouse atau headphone wireless.

Satu lagi yang menarik adalah baterai. Berkat ukuran bodinya yang lebih besar dari laptop 14-inci, Vivobook Pro 16X OLED (N7600) dapay mengusung baterai berkapasitas lebih besar yaitu 96Whr. Baterai tersebut membuat Vivobook Pro 16X OLED (N7600) dapat beroperasi lebih dari 12 jam dalam pengujian menggunakan PCMark 10 Battery Test pada mode Modern Office.

Kesimpulan

Tidak selamanya laptop dengan layar besar itu tidak layak untuk dimiliki dan konsep “bigger is better” menjadi sangat tepat di beberapa skenario penggunaan, salah satunya adalah content creation. Vivobook Pro 16X OLED (N7600) membuktikan bahwa laptop dengan layar besar dan berkualitas tetap dapat memiliki performa kencang serta dimensi dan bobot yang tetap mudah untuk dibawa bepergian.

Saatnya berkarya bersama Vivobook Pro 16X OLED (N7600). Informasi tentang laptop asus terbaru, silakan ikuti di Zencreator.ID.